Tinggalkan komentar

Mereka Adalah Generasi Terbaik

Jika Iman telah melekat di jiwa, sampai kehidupan tauhid dan kemuliaan ubudiyyah terasa begitu manis dan indah, maka apapun yang dimiliki seorang manusia pasti akan dikorbankannya untuk kemuliaan dan ketinggian agama Islam yang mulia. Pantas jika semua pujian Ilahiyyah disandang mereka, mereka yang imannya telah mengakar di jiwa, tauhid menjadi satu-satunya hidup mereka dan kemuliaan ubudiyyah satu-satunya kebanggan mereka. Itulah Sohabat-sohabat Rosululloh sholallohu ‘alaihi wa sallam yang mendapatkan sertifikat kebenaran langsung dari Alloh subhanahu wa ta’ala Robbul `alamin.
Alloh subhanahu wa ta’ala memuji mereka:

Kalian adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Alloh. (QS. Ali `Imron [3]:110)
Umar bin Khottob rodhiallohu ‘anhu berkata:
“Seandainya Alloh mau, tentu Dia akan mengatakan “antum” yang berarti semua kita termasuk di dalamnya. Akan tetapi, Dia berfirman “Kuntum” yang berarti khusus para sohabat Rosululloh sholallohu ‘alaihi wa sallam dan siapa saja yang melakukan seperti apa yang mereka lakukan. Mereka adalah sebaik-baik umat yang dikeluarkan untuk umat manusia, memerintahkan yang ma`ruf dan melarang yang munkar”. (Tafsir at-Tobari: 4/29)
Alloh subhanahu wa ta’ala  memuji mereka:

“Tetapi Rosul dan orang-orang yang beriman bersamanya (yaitu para sohabat beliau sholallohu ‘alaihi wa sallam ), mereka berjihad dengan harta dan diri mereka. Dan mereka itulah orang-orang yang memperoleh kebaikan; dan mereka itulah (pula) orang-orang yang beruntung. Alloh telah menyediakan bagi mereka surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. Itulah kemenangan yang besar. (QS. At-Taubah [9]:88-89)
Mereka telah dijamin masuk surga. Kebaikan mereka sudah terjamin diterima. Keberun-tungan sudah dipastikan mereka raih. Perjuangan dan pengorbanan mereka sudah pasti diterima di sisi Alloh subhanahu wa ta’ala.
Bacalah ayat di atas “Bagaimana Alloh subhanahu wa ta’ala sendiri yang menyatakan bahwa para sohabat Rosululloh sholallohu ‘alaihi wa sallam telah mengorbankan seluruh jiwa dan hartanya di jalan Nya”. Bacalah pula bagaimana Alloh subhanahu wa ta’ala sendiri yang menjelaskan bahwa semua kebaikan menjadi milik mereka. Oh.. alangkah mulia dan bahagianya suatu umat yang dijanjikan segala kebaikan dan kehormatan untuk mereka langsung oleh Alloh subhanahu wa ta’ala.
Kalau kita ingin bahagia… Kalau kita ingin selamat… Kalau kita ingin bangkit… Apakah semua mungkin tanpa mengikuti mereka dengan benar dan baik? Tak mungkin abadan selama-lamanya.

Editorial Majalah Intisari HASMI edisi November 2010

http://intisari.hasmi.org/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: